Selasa, 18 Oktober 2011

buat yang mau diwisuda dibaca dulu bentar mas bro

6 Hal Sepele yang Harus Dilakukan Sebelum Wisuda
1. Bertemu dengan Ketua Jurusan
sebenarnya jika di hitung-hitung hampir setiap hari kita ketemu dengan ketua jurusan, apalagi jika ketua jurusan kita adalah memang salah satu dosen mata kuliah wajib dikampus, namun pertemuan yang dimaksud disini lain. Maksud bertemu disini adalah melakukan interaksi lebih dekat dengan membicarakan soal perkuliahan, rencana melanjutkan pendidikan, dan apakah bagus langsung melanjutkan ke dunia kerja. dengan melakukan pertemuan seperti itu kamu akan mendapat saran bagus dari kepala jurusanmu. karena yang perlu kamu tahu mereka memiliki jaringan bagus untuk mendapat informasi mengenai pekerjaan/ karir kelak. 
2. Edit nama email dan akun jejaring sosial yang kamu miliki
Perlu kamu ingat dengan baik, alamat email dan nama akun jejaring sosial seperti Facebook dan Twittermu adalah merupakan representasi dirimu , jadi jika kamu masih menggunakan nama unik atau alay seperti ini misalnya R4nDyPH4LinG-cHakEp, atau Thiwi-iMhoet , jangan harap kamu akan mendapat respons dari HRD, apabila kamu melamar pekerjaan. Atau jangan heran jika nanti atasanmu akan ilfil sama kamu karena melihat nama akun jejaring sosialmu. Rubah lah dengan nama lengkap mu, edit profile se profesional mungkin, dan jangan lupa, pasanglah foto yang representatif. Ingat itu perlu kamu rubah secepatnya kalau bisa sekarang sebelum terlambat.3. Ajak teman dekatmu untuk jalan-jalan
nah ini tips buat kamu para cowok. punya teman dekat di kampus yang sampai sekarang belum sempat kamu tembak? Nah kamu bisa gunakan kesempatan ini selagi bisa. Dekati dia, dan ajak makan atau nonton bareng. Kalau masih malu, coba kamu ajak teman-teman lainnya sebagai kamuflase, agar kamu bisa bertemu. selanjutnya.. ya terserah kamu …

untuk buat yang cewe / cowo kamu juga perlu mengajak teman dekatmu untuk jalan jalan. tidak harus pacar sih sih. teman yang belum akrab juga bisa, khususnya teman yang kamu anggap belum terlalu akrab dikampus. ingat! dengan mengakrab kan diri dengan semua teman dikampus adalah salah satu jalan awal untuk kamu sukses. tidak menutup kemungkinan di kemudian hari salah satu dari sahabat kamu dikampus akan menjadi orang yang dapat membantu mu menghadapi persoalan di dunia kerja nantinya. jangan lupa FOTO BARENG!
 
4. Segera ikut program magang
untuk hal ini jangan sampai kamu ketinggalan, pastikan kamu ikut program magang sebelum keluar dari kampus, dan yang paling penting adalah, maganglah di perusahaan yang sudah memiliki nama dan reputasi dan baik. jika kamu bertanya, apa sih manfaat magang?.

Manfaat magang sangat banyak, diantaranya selain akan berpengaruh di curriculum vitae (CV), pengalaman magang berarti memperluas jaringan yang mungkin berguna ketika mencari pekerjaan nantinya.
  
5. Ikuti Seminar / Kuliah dari pakar tamu
jika kamu ada waktu, ikutilah Seminar / Kuliah pakar tamu yakni kuliah umum yang menghadirkan seorang pakar untuk membahas sesuatu yang sedang menjadi topik hangat, baik itu sebuah isu atau pun pembahasan sebuah metode penelitian. Hal seperti ini akan jarang kamu temui setelah kamu selesai kuliah dan bekerja. Jadi walaupun kadang terdengar membosankan, kuliah pakar tamu merupakan hal yang patut kamu lakukan sebelum kuliah berakhir. saat ini mungkin kamu belum meraskan manfaatnya, kadang setelah kamu di dunia kerja baru lah kamu sadari manfaat dari mengikuti seminar atau kuliah dari pakar tamu.   
6. Menabung
mungkin agak sedikit aneh kedengarannya, tapi percaya atau tidak, menabung itu sangat penting. karena kamu tidak akan bisa memprediksi apa yang bakal terjadi sama dirimu setelah keluar kuliah. Jadi dari pada tunggu sampai ada kejadian buruk yang tidak diinginkan terjadi, lebih baik mulai sekarang kamu persiapkan dirimu dalam hal keuangan. ingat! proses melamar kerja juga membutuhkan dana yang tidak sedikit.

kira kira seperti itu lah persiapan yang perlu kamu lakukan di sebelum berkahir kuliah. kamu boleh percaya atau tidak, tapi dari hal hal tersebut diatas adalah pengelaman dari beberapa kanda senior yang sudah selesai dan akhirnya suskses di dunia kerja.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar